Nutrisi Tepat untuk Sistem Imun Si Kecil

Sistem imun Si Kecil yang masih belum matang membuat dia lebih rentan terhadap penyakit. Hal ini yang kerap membuat Para Moms khawatir dengan kesehatan Si Kecil. Hal ini wajar karena semua Moms pastinya ingin memberikan yang terbaik untuk buah hatinya. Perlu Moms ketahui bahwa banyak faktor yang mempengaruhi sistem imun Si Kecil, namun hal ini tidak bisa lepas dari peran nutrisi yang tepat. Memasuki usia 6 bulan, Si Kecil harus diberikan makanan pendamping ASI (MPASI) karena ASI saja sudah tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian Si Kecil. Namun, Moms harus pandai dalam menyajikan MPASI yang tepat untuk Si Kecil. Untuk meningkatkan imunitas Si Kecil, Moms sebenarnya tidak perlu menambah jumlah MPASI yang diberikan. Moms cukup memberikan MPASI dengan jadwal dan frekuensi yang sama yaitu 3 kali makanan utama, 2 kali cemilan dan ASI sekehendaknya. Namun, kualitas dari MPASI yang Moms sajikan memang akan mempengaruhi sistem imun Si Kecil. Makanya jangan salah pilih jenis MPASI ya Moms, harus perhatikan kandungan nutrisinya. Berikut tips dari Promina mengenai nutrisi apa yang harus Moms perhatikan saat menyiapkan MPASI untuk menjaga imunitas Si Kecil.

1.       Vitamin A

Vitamin A yang dikenal baik untuk mata, ternyata juga berperan penting untuk meningkatkan sistem imun Si Kecil loh Moms. Vitamin ini akan meningkatkan aktivitas kerja sel darah putih dan antibodi di dalam tubuh sehingga tubuh menjadi lebih resisten terhadap serangan bakteri dan virus. Beta karoten yang terdapat dalam Vitamin A juga memiliki antioksidan yang penting untuk imunitas Si Kecil. Beberapa sumber Vitamin A yang dapat Moms berikan untuk Si Kecil antara lain wortel, ubi dan labu.

2.       Vitamin C

Vitamin C mengandung antioksidan yang sangat tinggi sehingga berperan dalam imunitas Si Kecil. Kekurangan asupan Vitamin C bisa menyebabkan tubuh Si Kecil rentan terhadap penyakit. Namun, Vitamin C tidak diproduksi oleh tubuh sehingga Moms perlu memberikan MPASI yang memiliki kandungan Vitamin C ya. 

3.       Vitamin E

Sama seperti Vitamin C, Vitamin E memiliki antioksidan dan bisa memodulasi fungsi sistem imun Si Kecil. Beberapa sumber Vitamin E yang bisa Moms berikan untuk MPASI Si Kecil misalnya buah stroberi dan bluberry.

4.       Vitamin D

Vitamin D diperlukan untuk proses pengaktifan sel – sel imun seperti sel – sel T yang berperan dalam menyerang dan menghancurkan bakteri dan virus. Sehingga tak heran kalau Vitamin D merupakan senjata yang memainkan peranan penting dalam meningkatkan sistem imun Si Kecil.

5.       Vitamin B Kompleks

Vitamin B kompleks dapat membantu menjaga sistem imun Si Kecil. Vitamin – vitamin ini mempengaruhi respon imun tubuh misalnya produksi antibodi dan metabolisme tubuh. Kekurangan Vitamin B kompleks dapat menyebabkan penurunan antioksidan enzim.

6.       Zat Besi

Zat besi selain untuk mencegah anemia, juga berperan dalam proliferasi sel dan pematangan sel imun khususnya sel darah putih. Zat besi juga penting untuk membawa oksigen ke sel – sel tubuh. Kekurangan zat besi dapat mempengaruhi kemampuan sistem imun tubuh. 97% zat besi harus dipenuhi dari MPASI, jadi pastikan MPASI yang Moms berikan mengandung tinggi zat besi ya.

7.       Seng

Seng berperan dalam mengaktifkan sel imun seperti sel T dan sel B yang merupakan komponen utama dari respon imun adaptif. Seng juga membantu memelihara sel – sel pembunuh dan neutrofil yang penting untuk melawan sel yang berbahaya bagi tubuh.  Kekurangan seng juga bisa mengurangi produksi antobodi. Jadi tak heran kalau seng sangat dibutuhkan oleh sistem imun tubuh.

8.       Makronutrien

Asam amino yang terkandung dalam protein penting untuk sistem imun karena berfungsi untuk mengontrol sel – sel imun diantaranya sel T, sel B, sel – sel pembunuh dan makrofag. Penting juga untuk produksi antibodi. Sel – sel imun seperti sel darah putih, makrofag dan neutrofil membutuhkan glukosa untuk metabolismenya. Asam lemak esensial omega 3 juga tak kalah penting untuk imun tubuh untuk proses aktivasi sel imun B dan produksi antobodi.

Jadi, baik makronutrien ataupun mikronutrien semuanya penting ya Moms untuk diberikan kepada Si Kecil. Pastikan MPASI yang Moms berikan nutrisinya sudah tepat ya Moms. Produk – produk Promina sudah mengandung semua zat gizi diatas ya Moms. Jadi bisa menjadi salah satu pilihan Moms dalam memberikan MPASI yang tepat nutrisinya.

 

Sumber:

Carr, C, A and Maggini, S (2017) Vitamin C and Immune Function

Cherayil, B, J (2010) Iron and immunity: immunological consequences of iron deficiency and overload

Hojyo, S and Fukada, T (2016) Roles of Zinc Signaling in the Immune System

Huang, Z, et al.,(2018) Role of Vitamin A in the Immune System

Lee, G, Y and Han, S, N (2018) The Role of Vitamin E in Immunity

Mikkelsen, K and Apostolopoulos, V (2019) Vitamin B1, B2, B3, B5, and B6 and the Immune System

Mora, J, R., Iwata, M., and Andrian, U, H (2008) Vitamin effects on the immune system: vitamins A and D take center stage